Pendidikan Multikultural Dalam Permainan Guli di Indonesia

  • Siti Mutiah IAIN Pontianak, Indonesia
Keywords: Pendidikan Multikultural, Permainan Tradisional, Guli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam permainan tradisional guli. Permainan tradisional, seperti guli, merupakan salah satu warisan budaya yang menanamkan nilai-nilai luhur secara tidak langsung melalui aktivitas bermain. Dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis dengan studi literatur. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggumpulkan dari database Google Scholar yang relevan terkait permainan guli dan nilai-nilai multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan guli mengandung nilai-nilai pendidikan multikultural, di antaranya sikap toleransi, sikap saling mempercayai, sikap keadilan dan demokrasi, serta sikap kebersamaan. Temuan ini menegaskan potensi permainan tradisional guli sebagai media pembelajaran multikultural yang dapat diintegrasikan dalam pendidikan formal maupun nonformal untuk menanamkan sikap saling menghargai, terbuka, dan menerima perbedaan sejak dini.

This study aims to explore the multicultural educational values embedded within the traditional guli game. Traditional games, such as guli (marbel), are cultural heritages that indirectly instill noble values through play activities. Employing a qualitative method with a literature analysis technique, this research collected data from the Google Scholar database relevant to the guli game and multicultural values. The results indicate that the guli game embodies multicultural educational values, including attitudes of tolerance, mutual trust, justice and democracy, as well as togetherness. These findings affirm the potential of the traditional guli game as a medium for multicultural learning that can be integrated into formal and non-formal education to instill attitudes of respect, openness, and acceptance of differences from an early age.

References

Anatasya, E., Rafifah, T., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pendidikan Berbasis Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05 (03): 6063-6072.

Assegaf, A. (2011). Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasinya di Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baedowi, A. (2012). Multikulturalisme: Dalam bingkai pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Chyntya Rani Megawati, Ani Wijayanti, & Bramantijo. (2017). Fotografi permainan tradisional Indonesia. Jurnal DKV Adiwarna, 1(10): 9.

Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1): 32-40.

Handayani, F., Ruswandi, U., Erihadiana, M., & Basar, M. H. (2020). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Islam. Misykat, 5(2)).

Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Proseding Seminar Nasional Paedagoria Vol. 3: 527-532.

Ibrahim, R. (2015). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1)).

Kusuma Dewi, M. (2019). Penanaman Nilai Multikultural Melalui Permainan Tradisional di RA PSM Ngronggot Nganjuk. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 13(02): 215-231.

Mahemi, A. S., Cipta, N. H., & Rokmanah, S. (2023). Peran Penting Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar sebagai Faktor Pendukung dalam Membentuk Karakter Siswa Sejak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 7(3): 24647-24653.

Mariani, N.N. (2017). Membangun Sikap Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2)).

Ngaisah, N. C., Al Ayyubi, M., Fajzrina, L. N. W., Aulia, R., Munawarah, Fadilla, C. N., & Zohro, N. P. (2023). Permainan Tradisional Kelereng dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1): 103-113.

Novasari, E., Rustamaji, E. A., & Setyawan, A. (2022). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. EduCurio Jurnal, 1(1): 139-146.

Prasetyo, T., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pendidikan Multikultural di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1): 15-30.

Putu Krisna Yoganatha, Ida Bagus Candra Yana, & Putu Agus Bratayadnya. (2021). Permainan Tradisional di Desa Tua Tabanan dalam Fotografi Dokumenter. Retina Journal Fotografi, 1(1): 45-52.

Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Nilai-nilai Multikulturalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 5(1)).

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2): 48-53.

Sarah, S., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng di Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi. Derivat, 9(1).

Sudrajat, Wulandari, T., & Wijayanti, A. T. (2015). Muatan Nilai-nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional di PAUD AmongSiwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO, 2(1).

Zamani, N., & Ilahiyah, I. I. (2019). Implementasi Nilai-nilai Multikultural di Pesantren Tebuireng. Al-MISBAH Jurnal Islamic Studies, 7(1): 14-20.

Published
2024-05-27
How to Cite
Mutiah, S. (2024). Pendidikan Multikultural Dalam Permainan Guli di Indonesia. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan Dan Keislaman, 3(1), 55-66. https://doi.org/10.24260/jpkk.v3i1.2852
Section
Articles