IDENTIFIKASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN YANG MEMUAT KONSEP ARITMETIKA
Abstract
Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan. Hal ini dapat menunjang kompetensi
sikap spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ayat-ayat Al-Qur’an yang memuat
konsep aritmetika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library
research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan dokumentasi. Dalam penelitian
ini teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat
banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang memuat konsep aritmetika. Ayat-ayat tersebut antara lain: (1) surat Al-A’raf
ayat 142 dan surat Al-Baqarah ayat 196 memuat konsep operasi penjumlahan, (2) surat Al-‘Ankabut ayat 14
memuat konsep operasi pengurangan, (3) surat Al-An’am ayat 160 memuat konsep kelipatan suatu bilangan dan
operasi perkalian, (4) surat An-Nisa ayat 11 memuat konsep perbandingan dan operasi perkalian bilangan rasional,
dan (5) surat Al-Anfal ayat 65 memuat konsep perbandingan.
References
Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan Al-Qur’an serta praktik pembelajarannya. Malang: UIN-Maliki Press.
Mufid, F. (2013). Integrasi ilmu-ilmu Islam. Equilibrium, 1(1), 55-71.
Muyassar, M. R., & Harahap, E. (2020). Pembelajaran aritmetika menggunakan aplikasi Wolfram Alpha. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 19(2), 25-32.
Soimah, W., & Fitriana, E. (2020). Konsep matematika ditinjau dari perspektif Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 131–135.
Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2), 189-198.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Widyaningrum, R. (2022). Matematika berkonteks Islam. Klaten: Lakeisha.