PENGEMBANGAN PERANGKAT PENGHITUNG NILAI DAN JUARA OTOMATIS BERBASIS EXCEL PADA RUBRIK PENILAIAN LOMBA POSTER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membantu, mempermudah dan mempercepat tugas juri dalam melakukan penilaian terhadap hasil karya peserta lomba dalam perlombaan desain poster di acara Milad ke-2 Prodi Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian & pengembangan (RnD) dengan produk utama yang dihasilkan berupa perangkat penghitung nilai dan juara otomatis berbasis excel untuk lomba desain poster. Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D yang terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Perangkat penilaian berbasis excel ini diimplementasikan dalam kegiatan lomba desain poster yang digelar oleh Prodi Tadris Matematika dalam rangka Milad ke-2. Hasil implementasi menunjukkan perangkat ini dapat menghitung total skor dan nilai penentu juara lomba secara cepat dan realtime segera setelah ketiga juri selesai memasukkan penilaian, serta menampilkan nama peserta yang menjadi juara I, II, III, dan IV, sehingga perangkat ini sangat efektif dan efisien digunakan sebagai perangkat penghitung otomatis nilai dan juara dalam lomba desain poster.
References
Ahmad, A. P. (2012). Kreativitas Desain Poster Dalam Kompetisi Desain Poster Nasional. HUMANIORA, 3(1), 232-245. doi:https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3257
Andriani, D., Hamdu, G., & Karlimah. (2021). Analisis Rubrik Penilaian Berbasis Education for Sustainable Development dan Konteks Berfikir Sistem di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1321-1336. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.514
Djonnaidi, S., Wahyuni, N., & Nova, F. (2021). Pengaruh Media Poster Digital Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Terhadap Kemampuan Berbicara Mahasiswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 8(1), 38-46. doi:10.17977/um031v8i12021p038
Fiqhri, Z., A., N. P., & Ahmadi, Z. (2022). Analisis Desain Poster Film Indonesia Era 90an dengan Poster Film masa kini. IMAGINARIUM: Jurnal Seni Rupa & Desain, 3(2), 60-70.
Hilmi, M. (2022). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Maydiantoro, A. (2021). Research Model Development: Brief Literature Review. JURNAL PENGEMBANGAN PROFESI PENDIDIK INDONESIA (JPPPI), 1(2), 29-35. Retrieved from LPPM-UNILA-IR: http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/Model-Model%20Penelitian%20dan%20Pengembangan.pdf
Ramadhania, R., Hairunnisa, D., & Havizul. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN ELIMINASI GAUSS PADA MATRIKS ORDO 3X3 BERBASIS MATLAB. Jurnal Al 'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 1-14. Retrieved from https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/article/view/1140/404
Simbolon, R. W., Siallagan, S., Munte, E. D., & Barus, B. (2022). Desain Poster Menarik memanfaatkan Canva. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 448-456. doi:10.31949/jb.v3i3.2904
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.