PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER SECARA ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN DATAR

  • Zulkarnain Zulkarnain IAIN Pontianak
Keywords: Model Pembelajaran Treffinger, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Penggunaan model pembelajaran Treffinger secara online pada materi bangun datar; (2) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar dan (3) Signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger secara online terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam materi bangun datar pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Bawari Pontianak tahun pelajaran 2020/2021. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV MIS Bawari Pontianak. Teknik pengumpulan berupa observasi, pengukuran dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis instrument, deskriptif dan analisis pengaruh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Treffinger pada siswa kelas IV MIS Bawari Pontianak memiliki persentase hasil pengamatan 64,44% termasuk pada kategori cukup; (2) Kemampuan menyelesaikan soal cerita untuk kelas eksperimen pada saat pretes memiliki nilai rata-rata sebesar 7,68 dan pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 42,86 menjadi 50,54. Sedangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas kontrol pada saat pretes memiliki rata-rata persentase sebesar 26,28 dan pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 14,72 menjadi 41. Berdasarkan data tersebut baik pretes maupun postes termasuk kategori rendah dan (3) Penggunaanmodel pembelajaran Treffinger berpengaruh secara signifikan sebesar 12,5% terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita kelas IV MIS Bawari Pontianak.

References

Abdullah. (2000). Memecahkan Masalah dalam Matematika. Gentengkali. Volume 3 (1): 37
Aisyah, N. (2008). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Khaidir, C dan Rahmi, E. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas X.2 SMA N 1 Salimpang Berdasarkan Metode Kesalahan Newman. PROCEEDING IAIN Batusangkar. Volume 1 (2): 104-106.
Lestari, K, E dan Mokhammad. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Maharani, R, K dan Indrawati, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. JPGSD. Volume 6 (4): 506.
Nurgiyantoro, B. dkk. 2017. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Sakti, I. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika Dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Di Sma Negeri Q Kota Bengkulu. Jurnal Exacta. Volume 9 (1): 69.
Shoimin, R. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winarni, E, S. (2011). Matematika Untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wahyuddin. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. Tadris Matematika. Volume 9 (2): 151.
Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan. Volume 5 (2): 275.
Published
2022-06-28
Section
Articles