ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI KORPORAT TERHADAP KEBERHASILAN ORGANISASI DALAM MANAJEMEN BISNIS
Abstract
Strategi komunikasi korporat yang efektif mencakup berbagai elemen seperti pengelolahan pesan, pemilihan saluran komunikasi yang tepat, pemahaman kelompok sasaran dan adaptasi terhadap dinamika pasar. Melalui analisis strategi komunikasi yang cermat, organisasi dapat lebih memahami bagaimana menyusun dan menyampaikan pesan mereka sehingga dapat diterima dengan baik oleh pemangku kepentingan. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang mengunakan metode pengumpulan data berupa wawancara serta observasi atau berfokus pada pengamatan yang mendalam mengenai “analisis strategi komunikasi terhadap keberhasilan organisasi. Strategi komunikasi korporat adalah sebuah rencana terpadu yang dirancang dengan mengelola dan menyampaikan pesan secara efektif kepada berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) dalam konteks perusahaan atau organisasi. Tujuan utamanya adalah menciptakan pemahaman, dukungan, dan citra positif terhadap perusahaan, dimana Strategi komunikasi korporat melibatkan komunikasi internal dan eksternal perusahaan hal ini dilakukan agar dapat mengimplementasikan seluruh rencana sesuai dengan tujuan yang telah diidentifikasi. Sehingga hal ini sesuai dengan peran manajemen dalam keberhasilan organisasi melalui strategi komunikasi korporat berupa pengelolaan sumber daya, pengukuran kinerja serta adaptasi dalam perubahan yang terjadi serta perhatian melalui etika dan tanggung jawab sosial yang merupakan elemen- elemen manajemen yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam strategi komunikasi korporat dan kinerja terhadap organisasi secara keseluruhan sehingga dapat dengan mudah untuk mencapai tujuan organisasi dan memperkuat citra perusahaan.