http://ejournal.iainptk.ac.id/index.php/andromeda/issue/feed Andromeda 2023-12-31T23:00:22+00:00 Julianto juliantoj452@gmail.com Open Journal Systems <p align="justify">Andromeda Journal with E-ISSN number : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231106151839002" target="_blank" rel="noopener">3026-6750</a>&nbsp;is a journal that publishes research or research articles related to topics that are relevant and related to Management and Business (Sales Management, Operational Management, Business Management, Banking Management, Administrative Management, Strategic Management, Marketing Management, Public Relations Management, Sales Management, Supply Chain Management, Operations Management, Procurement Management, Financial Management, Accounting Management, Human Resources Management (HR), Information Technology Management, R&amp;D Management, Engineering Management, Project Management , Program Management, Risk Management, Quality Management, Change Management, Innovation Management, Design Management, and Facility Management), as well as Sharia Management and Business. This journal is published twice a year (June and December).<br><strong style="font-size: 0.875rem;">.</strong></p> http://ejournal.iainptk.ac.id/index.php/andromeda/article/view/2354 ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI KORPORAT TERHADAP KEBERHASILAN ORGANISASI DALAM MANAJEMEN BISNIS 2023-12-31T16:49:08+00:00 Desi Khairunnisa Mahrani desimahrani2@gmail.com Dewi Puryanti dewipuryanti@gmail.com <p>Strategi komunikasi korporat yang efektif mencakup berbagai elemen seperti pengelolahan pesan, pemilihan saluran komunikasi yang tepat, pemahaman kelompok sasaran dan adaptasi terhadap dinamika pasar. Melalui analisis strategi komunikasi yang cermat, organisasi dapat lebih memahami bagaimana menyusun dan menyampaikan pesan mereka sehingga dapat diterima dengan baik oleh pemangku kepentingan. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang mengunakan metode pengumpulan data berupa wawancara serta observasi atau berfokus pada pengamatan yang mendalam mengenai “analisis strategi komunikasi terhadap keberhasilan organisasi.&nbsp; Strategi komunikasi korporat adalah sebuah rencana terpadu yang dirancang dengan mengelola dan menyampaikan pesan secara efektif kepada berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) dalam konteks perusahaan atau organisasi. Tujuan utamanya adalah menciptakan pemahaman, dukungan, dan citra positif terhadap perusahaan, dimana Strategi komunikasi korporat melibatkan komunikasi internal dan eksternal perusahaan hal ini dilakukan agar dapat mengimplementasikan seluruh rencana sesuai dengan tujuan yang telah diidentifikasi. Sehingga hal ini sesuai dengan peran manajemen dalam keberhasilan organisasi melalui strategi komunikasi korporat berupa pengelolaan sumber daya, pengukuran kinerja serta adaptasi dalam perubahan yang terjadi serta perhatian melalui etika dan tanggung jawab sosial yang merupakan elemen- elemen manajemen yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam strategi komunikasi korporat dan kinerja terhadap organisasi secara keseluruhan&nbsp; sehingga dapat dengan mudah&nbsp; untuk mencapai tujuan organisasi dan memperkuat citra perusahaan.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-12-31T14:31:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iainptk.ac.id/index.php/andromeda/article/view/2355 MANAJEMEN STRATEGI DENGAN POLA KEMITRAAN PENJUALAN MOBIL BEKAS DI PONTIANAK 2023-12-31T16:49:09+00:00 Rina Mandara Harahap rina.mandara91@gmail.com <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi bisnis perusahaan mobil bekas di Pontianak dan pola kemitraan perusahaan mobil bekas di Pontianak dalam pengembangan usaha. Temuannya adalah Penjual mobil bekas menggunakan strategi diferensiasi produk untuk membedakannya dari pesaing. Cara yang digunakan penjual tersebut berbeda-beda, diantaranya&nbsp; dengan membuat kerjasama yang baik dengan penjual sparepart mobil, membuat bengkeng sendiri, hanya membeli mobil yang siap pakai, serta menyewa ruko untuk membuka dealer. Pola Kemitraan yang dilakukan oleh pedagang mobil bekas di Pontianak adalah pola keagenan, dimana agen diperbolehkan menjual mobil bekas kepada konsumen, dan aturan main dalam kemitraan tersebut adalah asas saling percaya yang disepakati saja.</p> 2023-12-31T15:12:14+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iainptk.ac.id/index.php/andromeda/article/view/2356 ANALISIS PENGUASAAN TEKNOLOGI BISNIS DIGITAL DALAM KEUNGGULAN BERSAING REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA UMKM KULINER DI KOTA PONTIANAK 2023-12-31T16:49:09+00:00 Putri Henirsa henirsap@gmail.com Verdianti Verdianti verdianti@iainptk.ac.id Aulia Azimi auliaazimi.iain@gmail.com <p>Persaingan di sektor bisnis saat ini sangat pesat dalam merebut persaingan pasar konsumen. Pemanfaatan teknologi memberikan banyak keunggulan bersaing bagi bisnis. Kemampuan untuk menguasai serta efektif memanfaatkan teknologi telah menjadi bentuk proses dalam meningkatkan nilai tambah&nbsp; dalam membantu membangun reputasi bisnis yang bisa meningkatkan keunggulan bersaing. Penguasaan teknologi memungkinkan untuk menciptakan produk dan layanan yang lebih unggul, peningkatkan efisiensi operasional dan meraih pangsa pasar lebih besar dengan keterampilan memafaatkan teknologi menjadi kunci dalam meraih keunggulan bersaing di era Revolusi Industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penguasaan teknologi digital dan bisnis UMKM sektor kuliner dalam upaya memperoleh keunggulan bersaing pada era Revolusi Industri 4.0 di Kota Pontianak. (2) Pemanfaatan teknologi digital dan bisnis UMKM sektor kuliner dalam upaya memperoleh keunggulan bersaing pada era Revolusi Industri 4.0 di Kota Pontianak. (3) Strategi Bersaing Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 pada pelaku usaha UMKM Sektor Kuliner di Kota Pontianak. penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Dalam menghadapi perubahan paradigma komunikasi, perusahaan kini berfokus pada implementasi layanan pelanggan yang adaptif terhadap dinamika pasar melalui saluran ritel digital. (2) Dalam era Revolusi Industri 4.0 di Kota Pontianak, UMKM sektor kuliner dapat meraih keunggulan kompetitif dengan memanfaatkan yeknologi digital dan strategi bisnis yang terintegrasi. (3) Dalam era Revolusi Industri 4.0 pelaku usaha UMKM sektor kuliner di Kota Pontianak perlu mengadopsi strategi keunggulan bersaing yang terus menerus untuk memenangkan persaingan yang ketat.</p> 2023-12-31T16:08:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iainptk.ac.id/index.php/andromeda/article/view/2357 ANALISIS BREAK EVENT POINT (BEP) USAHA PRODUKSI TAHU (STUDI KASUS PABRIK TAHU DI JALAN ADI SUCIPTO GANG SEPAKAT LAUT) 2023-12-31T16:49:10+00:00 Aulia Nabilatul Mufidah aulianabilatulmufidah@gmail.com Dini Sasmita Sari dinisasmitsari12@gmail.com Nadia Afilyana nadiaafilyana22@gmail.com Sonia Julianti soniajulianti0707@gmail.com Wina Wina winawina246@gmail.com <p>Produksi pabrik tahu&nbsp; yang terletak di Jl adisucipto, gang sepakat laut merupakan sebuah usaha kecil menengah yang ada di Kabupaten Kuburaya. tujuan utama dari penelitian ini ialah untuk menentukan titik impas atau<em> Break Event Point </em>pada usaha pabrik Tahu yang terletak di jalan Adi Sucipto, gang sepakat laut Kabupaten Kuburaya. Penelitian ini bersifat kuantiitatif deskriptif , yang menggambarkan sebuah data dan mengumpulkan informasii berdasarkan wawancara saat di lapangan. dan hasil penelitian yang didapatkan adalah Di dalam analisis Break Event Point pada pabrik ini, didapatkan hasil harga jual produk adalah Rp.3.442,00. biaya variabel per unitnya Rp. 1.721,00, oleh karena itu didapatkan BEP dalam unitnya adalah 5.195 dan BEP dalam Rupiahnya adalah Rp. 8.940.000. sehingga, pabrik tahu tersebut harus menjual minimal 5.195 unit tahu dengan total pendapatan sebesar Rp. 8.940.000 supaya mencapai titik impas.</p> 2023-12-31T16:38:59+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iainptk.ac.id/index.php/andromeda/article/view/2358 MANAJEMEN STRATEGI DALAM MEMINIMALISIR RESIKO INVESTASI DAN TRADING SAHAM SYARIAH PADA PLATFORM IPOT 2023-12-31T23:00:22+00:00 Julianto Julianto julianto@iainptk.ac.id Heny Hidayati henyhidayati@iainptk.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategi yang digunakan dalam meminimalisir resiko investasi dan trading saham syariah pada platform trading IPOT. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen strategi dalam meminimalisir resiko investasi dan trading saham syariah pada platrform IPOT adalah, 1) Menggunakan modal/uang yang bersumber dari uang utama dengan porsi 10% dari gaji bulanan, hal ini akan meminimalisir kerugian saat grafik pergerakan saham mengalami penurunan yang tajam, sehingga uang utama yang 90% dapat mencukupi kebutuhan hidup harian, ini adalah konsep paling penting dalam trading. 2) Melakukan analisis teknikal dengan melihat grafik harga pada historis chart pergerakan sebelumnya termasuk indikator yang menjadi pemicu kenaikan maupun penurunan harga saham dan analisis fundamental dengan cara update berita ekonomi terbaru termasuk&nbsp; laporan keuangan perusahaan untuk menghasilkan keputusan yang tepat dalam trading. 3) Menggunakan manajemen resiko seperti pada Stop loss dan take profit, posisi yang tepat saat masuk dan keluar (Buy and sell), dan manajemen modal seakurat dan sebaik mungkin sehingga saat mengalami kerugian dana tidak terkuras banyak. 4) Pengguna harus dapat menguasai dan mengendalikan emosi, mampu mengelola stres, dan menjaga disiplin dalam trading karna self control yang baik dapat membuatmu untuk tenang dalam mengampil keputusan secara rasional dalam trading. 5) Menghindari saham gorengan (baru listing melalui IPO) yang rentan menjadi mainan para bandar saham, hal ini dapat meminimalisir kerugian yang didapat.</p> 2023-12-31T16:48:42+00:00 ##submission.copyrightStatement##