Implementasi Akhlak Al-Karimah dalam Praktik Sosial Masyarakat Desa Majatengah
Abstract
This research aims to explore how the scope of morals can be implemented in daily practice. The research method used is qualitative research. The research approach used is a phenomenological approach. The research used data collection techniques in the form of interviews. The validity of the research data uses source triangulation. Data analysis techniques in the form of data collection, data reduction, presenting data and drawing conclusions. The results of the research used, namely the implementation of the scope of morals in daily practice, can be concluded as follows, morals to Allah SWT, namely worship only to Allah SWT, being grateful for the blessings given by Allah SWT, being sincere, carrying out Allah’s commands and staying away from his prohibitions, performing prayers, zakat, fasting, sunnah worship, and dhikr. Morals to others consist of morals to the Messenger of Allah, namely emulating the morals of the Prophet, sticking to honesty and good prejudice, carrying out the obligatory and sunnah practices carried out by the Prophet, reading shalawat and the story of the Prophet. The morals to the family are loving the family, living in harmony, respecting the family, being devoted to parents, helping the partner’s work, not arguing when told by obeying parents’ orders, doing work sincerely, and trying to make the partner and family happy. The morals to oneself are keeping oneself from things prohibited by Allah Swt, being istiqomah, patient, shidiq, tawadhu, istiqomah, honest, loving oneself by being grateful so as not to feel insecure and maintaining health. Manners to society, namely being tolerant, helping each other, qonaah, humble, patient, praying to Allah Swt for the common good, helping neighbors in difficulty, and giving to each other. Manners to nature, namely taking good care of the environment, not polluting the environment, not littering, maintaining environmental safety, not destroying nature, loving the environment by not doing whatever they want to the environment.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi bagaimana ruang lingkup akhlak dapat di implementasikan dalam praktik sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan fenomenologis. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang digunakan yaitu implementasi ruang lingkup akhlak dalam praktik sehari-hari dapat disimpulkan sebagai berikut, akhlak kepada Allah SWT yaitu ibadah hanya kepada Allah Swt, bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah Swt, bersikap ikhlas, menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya, menunaikan shalat, zakat, puasa, ibadah sunah, dan berzikir. Akhlak kepada sesama terdiri dari akhlak kepada Rasulullah Saw yaitu meneladani akhlak Rasulullah, berpegang teguh pada kejujuran dan berprasangka baik, menjalankan amalan wajib dan sunah yang dikerjakan Rasulullah, membaca shalawat dan kisah Rasulullah. Akhlak kepada keluarga yaitu mencintai keluarga, hidup rukun, menghormati keluarga, berbakti kepada orang tua, membantu pekerjaan pasangan, tidak membantah apabila disuruh dengan menaati perintah orang tua, melalukan pekerjaan dengan ikhlas, dan berusaha membuat pasangan serta keluarga senang. Akhlak kepada diri sendiri yaitu menjaga diri dari hal-hal yang dilarang Allah Swt, bersikap istiqomah, sabar, shidiq, tawadhu, istiqomah, jujur, mencintai diri sendiri dengan bersyukur sehingga tidak merasa insecure dan menjaga kesehatan. Akhlak kepada masyarakat yaitu bersikap toleransi, saling tolong menolong, qonaah, rendah hati, sabar, berdoa kepada Allah Swt untuk kebaikan bersama, membantu tetangga yang kesulitan, dan saling memberi. Akhlak kepada alam yaitu menjaga lingkungan dengan baik, tidak mencemari lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga keamanan lingkungan, tidak merusak alam, mencintai lingkungan dengan tidak berbuat seenaknya kepada lingkungan.
Kata kunci: Implementasi; Akhlak; Praktik Sosial Masyarakat.
Downloads
References
Al-Ashfahani, R. (2017). Al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an terj. Ahmad Zaini Dahlan. Depok: Pustaka Khazanah Fawa’id.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Badrudin. (2015). Akhlak Tasawuf. Serang: IAIB Press.
Darmadi. (2019). Arsitektur Akhlak dan Budi Pekerti Dalam Interaksi Lintas Budaya. Lampung: Swalova Publishing.
Farid, A. (2008). Quantum Takwa. Solo: Pustaka Arafah.
Gade, S. (2019). Membumikan Pendidikan Akhlak Muliah Anak Usia Dini. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.
Habibah, S. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 73-87.
Hamka. (2017). Akhlaqul Karimah. Depok: Gema Insani.
Hamzah, & Harahap, M. (2022). Pengantar Ilmu Akhlak. Riau: Universitas Islam Riau (UIR) Press.
Hasbi. (2019). Pendidikan Agama Islam Era Modern. Yokyakarta: PT Leutika Nouvalitera.
Hawassy, A. (2020). Kajian Akhlak dalam Bingkai Aswaja. Jakarta: PT. Naraya Elaborium Optima.
Hidayat, Ara. 2015. “Pendidikan Islam Dan Lingkungan Hidup.” Jurnal Pendidikan Islam 4(2): 373. http://dx.doi.org/10.14421/jpi.2015.42.373-389.
Ibrahim, Rustam, A Mufrod Teguh Mulyo, and Lilis Fatimah. 2017. “Konsep Ramah Lingkungan Dalam Perspektif Alquran, Hadis, Dan Kitab Kuning Di Pesantren.” Madania: Jurnal Kajian Keislaman 21(2): 209.
Ilyas, Y. (2007). Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI).
Khan, M. W. (2005). Muhammad; Nabi Untuk Semua. Jakarta: Pustaka Alvabet.
Mahfud, R. (2011). Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga.
Mahmud, A. (2018). Akhlak terhadap Allah dan Rasulullah saw. Jurnal Wawasan Keislaman, 11(1), 57-68.
Mahmud, A. (2020). Akhlak Islam Menurut Ibnu Miskawaih. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 6(1), 84-98.
Muhrin. (2020). Akhlak Kepada Diri Sendiri. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1-7.
Nijo, Nijo, Akhlaqul Rachma Khasanah, and Muhammad Faisal. 2023. “Urgensi Memahami Ketentuan Pernikahan Bagi Calon Pengantin Untuk Membentuk Kelaurga Sejahtera.” Arfannur 3(3).
Rohmah, N. A. (2020). Ruang Lingkup dan Metode Pendidikan Akhlak Telaah Hadits-Hadits Kitab Akhlak Lil Banin Jilid 4. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Rohmah, S. (2021). Buku Ajar Akhlak Tasawuf. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Tanurianti, Siti, Sukino Sukino, and Usman Usman. 2023. “THE ROLE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS IN FORMING STUDENT SOLIDARITY BASED ON SOCIAL HORRIBLE AND HARMONY (SDN 20 BATANG-TARANG).” Ta dib Jurnal Pendidikan Islam 12(1).
Sahriansyah. (2014). Ibadah dan Akhlak. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
Shihab, M. Q. (2007). Secercah Cahaya Ilahi Hidup Bersama Al-Qur’an. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Sukino, Sukino Sukino, and Imron Imron Muttaqin. 2019. “Penguatan Akhlak Mulia Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di MTs Ma’arif Binjai Hulu Sintang (Perspektif Rekonstruksi Sosial).” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 7(1).
Sukino, Saumi Setyaningrum, Imron Muttaqin, and Triyo Supriyatno. 2023. “ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS AND SOCIAL CHANGE IN RURAL COMMUNITIES.” Journal of Namibian Studies : History Politics Culture 34.
Syafiqurrohman, M. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak Integratif-Inklusif. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 37-48.
Wahyuningsih, S. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al Qurán. Journal Mubtadiin, 7(2), 191-201.
Widyastuti, R. (2019). Kebaikan Akhlak dan Budi Pekerti. Semarang: Alprin.
Wikrama, N. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Nussa The Movie. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(6), 8782-8799. doi:https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i6.8242
Copyright (c) 2023 Arfannur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.