Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) MIS Nurul Muslimin Sungai Raya Kuburaya
Abstract
The purpose of this study is to find out and explain about democratic leadership that is appropriate to be implemented in the Nurul Muslimin Private Madrasah Ibidaiyah (MIS). The urgent problem at MIS Nurul Muslimin is that the leadership has not demonstrated a democratic one yet. This research is a qualitative descriptive research, namely data analysis that emphasizes meaning, reasoning, defining certain situations (in certain contexts) and describing what is about the behavior of the object under study. Data collection tools used are interviews, observation, and documentation. While the results of the research can be concluded that democratic leadership is needed and important to overcome and realize quality MIS Nurul Muslimin Sungai Raya in the future. Democratic leadership that exists at MIS Nurul Muslimin, such as receiving opinions, suggestions and criticism from subordinates, prioritizing cooperation and teamwork, coordinating with subordinates, providing stimulation to subordinates to be productive, involving subordinates in solving problems, providing information about duties and responsibilities subordinate.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan tentang kepemimpinan demokratis yang tepat untuk diterapkan di Madrasah Ibidaiyah Swasta(MIS) Nurul Muslimin. Masalah yang ada di MIS Nurul Muslimin saat ini kepemimpinan belum menunjukkan yang demokratis. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, pendefinisian situasi tertentu (dalam konteks tertentu) dan mendeskripsikan apa adanya tentang perilaku objek yang diteliti. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan hasil penelituan dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan demokratis sangat dibutuhkan dan penting untuk mengatasi serta mewujudkan MIS Nurul Muslimin Sungai Raya bermutu di masa depan. Kepemimpinan yang demokratis yang ada di MIS Nurul Muslimin, seperti menerima pendapat, saran dan kritik dari bawahan, mengutamakan kerjasama dan kerjasama tim, berkoordinasi dengan bawahan, memberikan rangsangan kepada bawahan untuk produktif, melibatkan bawahan dalam memecahkan masalah, memberikan informasi tentang tugas dan tanggung jawab bawahan.
Kata kunci: kepemimpinan, demokratis
Downloads
References
Abu Dawud, Sulaiman bin al-Asy’as al-Sijistani. 1998 H. Sunan Abu Dawud. Beirut: Dar Ibn Hazm. Juz III.
Al–quran dan terjemahanya. 2019. Departemen Agama RI (Quran Kemenag In MsWord_v2). Jakarta. LPMQ IsepMisbah
Fitriyani & Siti Zubaidah, 2018. Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di MDA Bani Al-Kautsar, Medan Maimun, Edu Riligia: Vol 2, No 18
Hasan, N. 2020. Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Kerja Secara Islami Di SMK Kartika Grati-Pasuruan. Jurnal Al-Makrifat Vol 5, No 2, Oktober
Kusmanto, B. 2013. Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah. Jurnal Hifza, dkk. 2020. Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Interdisipliner. Jurnal ManajemenPendidikan Islam. Vol 5 No 1
Imron Muttaqin. 2020. Types and Characteristics of Kyai Leadership Within Pesantren. Jurnal Dinamika Ilmu. Vol. 20 No. 1,
Jerri H. Makawimbang. 2012. Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: ALVABETA
Manajemen Pendidikan, Vol. 8, No. 2, Juli
Mualimin, 2017. Lembaga Pendidikan Islam Terpadu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam
Muhammad Charis, dkk. 2020. Kategori Kepemimpinan dalam Islam. Jurnal Edukasi Nonformal. Vol. 1 – No. 2
Muhammad Thariq As Suwaidan. 2005. Sukses Menjadi Pemimpin Islami, Jakarta: Magfirah Pustaka
Neni Rosita. 2018. Kepemimpinan Kharismatik Kiyai di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Jurnal Sosial Keagamaan. Vol. 1, No. 2, Juli-Desember
Rohman, Faiz Auliya Muna, Nailatul. 2018. Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 3, Nomor 2, November 2018/1440
Bashori, B. dkk. (2020). Peran Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi, 2(1993), 38–49.
Lhokseumawe, I. (2021). Character Building Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam : Analisis Penafsiran Surat Abasa 1-10. 18(2), 127–140.
Munandar, H. (2017). Kepemimpinan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Al – Mabhats Jurnal Penelitian Sosial Agama, 2(2), 107–130.
Muzammil, M. (2018). Konseptualisasi Kepemimpinan Islami dalam Pengembangan Pendidikan Islam. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 256–278. https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i2.335
Olifiansyah, M., Hidayat, W., Diaying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(01), 102. https://doi.org/10.24127/att.v4i01.1205
Copyright (c) 2022 Arfannur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.