Penggunaan Media Ular Tangga Surah dalam Muroja’ah Guna Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa Pada Tahfiz SD IT Mulia Islamic School
Indonesia
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui proses peningkatan kualitas hafalan siswa SD IT Mulia Islamic School dengan menggunakan media ular tangga surah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini melibatkan 8 siswa sebagai subjek, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Metode yang digunakan mencakup instrumen tes dan non-tes. Teknik analisis data diterapkan untuk mengolah data hasil tes kemampuan siswa dari setiap model siklus penelitian. Hasil penelitian mengenai kualitas hafalan siswa pada pembelajaran tahfiz kelas II SD It Mulia Islamic School yaitu sebagai berikut: Pada saat pra siklus nilai ketuntasan sebesar 37,5% yaitu sebanyak 3 orang siswa mendapatkan ketuntasan nilai. Pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 62,5%, dengan 5 siswa mencapai nilai tuntas. Pada siklus II, ketuntasan hafalan mencapai 87,5%, meningkat dari siklus I, dengan 7 siswa mencapai nilai tuntas. Persentase ini diperoleh dari nilai tes hafalan melalui metode tasmi’, yang telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 70 untuk pembelajaran tahfiz, sebagai indikator pencapaian kualitas hafalan siswa.
References
Al-Bukhari, A.-I. A. A. M. bin I. (1992). Shahih al-Bukhari No. 4639. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Azis, D. K., Maknun, M. L., Muntakhib, A., & Noviani, N. L. (2023). Metode Behavioris dan Humanis Tahfiz Al-Qur’an Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 9(2), 244–259. https://doi.org/10.18784/smart.v9i2.2076
Aziz, A., & Humaizi. (2013). Implementasi Kebijakan Publik Studi Tentang Kegiatan Pusat Informasi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara. Dinas Kominfo Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, 1.
Cucu, Waldan, R (2023) Transformation of masjid raya management: Pioneering moderation-based administration, integrated financial system, and strengthening gender equality. Jurnal Ilmu Dakwah, 43 (2),
Elfanany, B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Araska.
Khalid, M. R. (2011). Mengkaji Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Cet I. Alauddin Universiti Press.
Nurnaningsih, M. (2021). Kontribusi Metode Muroja’ah Tahfidzul Qur’an dengan Model Simaan Estafet pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al I’tibar, 8(2), 62–63.
Permadi, Waldan, R (2020) Etika Bisnis Islam Dan Penerapan Dalam Usaha Studi Kasus Pada Toko Roti Gembul Di Kota Pontianak. J-MD: Jurnal Manajemen Dakwah, 1 (1), 67-76
Poppy, waldan, R (2023) Manajemen Bimbingan Muallaf Lembaga Dakwah Ibadah Pemakmuran Masjid (LDIPM) Yayasan Mu-Ahidin Kalimantan Barat. Al Musyrif: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 6 (1). 54-72
Rusmalita, Patmawati, Waldan, R (2023) Mentoring for Success: Transforming Religious Tourism Management at Islamic Boarding School. Khazanah Sosial. 5 (2). 331-344
Sanaky, A. H. (2011). Media Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Waldan, R (2017). Quality of Work Life Sebagai Solusi Peningkatan Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Hikmah, 12(2), 29-50.
Waldan, R (2020) Manajemen pelatihan di lembaga pelatihan Garuda Training & Outbound. Pontianak: Khatulistiwa Muda Kreatif.
Waldan, R (2020) Peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam. Pontianak: Khatulistiwa Muda Kreatif.
Waldan, R (2020) The Effect of Achivement Motivation Training on Improving Women EnterpreneursMotivation Sambas District, jurnal raheema: jurnal studi gender dan anak 7 (1), 18-29
Waldan, R (2020) The effect of Leader Support And Competence to the Organizational Commitment on Employees Performance of Human Resources Development Agency in West Kalimantan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Prakarya dan kewirausahaan (JEBIK), 9 (1), 31-49.
Waldan, R (2020) Total Quality Management dalam Persperktif Islam. ICRHD: Journal of International Conference on Religion, Humanity, and Development, 1 (1), 159-268.
Waldan, R (2020) UMKM Kota Singkawang : regulasi pertumbuhan dan kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM Kota Singkawang. Pontianak: Khatulistiwa Muda Kreatif.
Waldan, R (2020) Zakat Distribution Management Of National Amil Zakat Agency Of West Kalimantan Province. Jurnal Al-Hikmah, 14 (1), 37-48.
Waldan, R (2021) Pengantar manajemen : inovasi dan solusi. Pontianak: IAIN Pontianak Press
Waldan, R (2022) Manajemen event organizer. Pontianak: IAIN Pontianak Press
Waldan, R (2022) Resilience of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Through Islamic Social Finance (ISF) after the Covid 19 Pandemic, Journal of Multidisciplinary Islamic Studies eISSN 2785-9223 2 (1), 20-28
Waldan, R (2022) Rumah Zakat Kalimantan Barat Dalam Tinjauan Manajemen Fundraising, Dakwatun: Jurnal Manajemen Dakwah 1 (2), 61-77
Waldan, R (2022) The Effect of The Implementation of Total Quality Management on Student Learning Achievement at SMA Islam Al-Azhar 10 Pontianak. Jurnal At-Turats, 14 (1), 122-130
Waldan, R (2023) Manajemen wisata religi pondok pesantren Darul Fikri Sungai Belidak Kabupaten Kubu Raya. Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Waldan, R (2023) Manajemen Wisata Religi Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri Kalimantan Barat: Analisis Perawatan dan Promosi Wisata Religi. J-MD: Jurnal Manajemen Dakwah, 4 (1), 63-86.
Waldan, R, Wardah (2019) Basic english. Pontianak: IAIN Pontianak Press
Windi Astuti, & Watini, S. (2021). Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini dengan Metode Muroja’ah. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 86–95. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7711
Copyright (c) 2024 Yuliyani - yuliani, Fitria Aminah, Siti Syamsiah, Widya Tri Mawarni, Rosid Fauzan Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).