PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA PICTURE PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 6 SUBTEMA 2 PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT AL-BAARIQ KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang dialami peserta didik tentang rendahnya hasil belajar IPA sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi time token dan media picture puzzle dianggap dapat meningkatkan hasil belajar dan memberikan pengaruh pada proses kegiatannya. Penelitian ini eksperimen dengan bentuk penelitian one group pretest- posttest design. Sumber datanya; 1) Sumber data primer adalah peserta didik kelas IV dan dokumentasi hasil belajar; 2) Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah hasil observasi penerapan strategi time token berbantuan media picture puzzle dalam pembelajaran IPA tema 6 subtema 2 peserta didik. Teknik yang digunakan teknik observasi, teknik pengukuran, dan dokumentasi. Dengan proses kerjanya melakukan analisis deskriptif data, uji prasyarat dan uji hipotesis dipaparkan secara sistematis konstektual dan faktual. Hasil peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi time token berbantuan media picture puzzle memperoleh nilai rata-rata 43,33 dengan jumlah pre-test yang memperoleh nilai tuntas sebesar 13,33% sebanyak 2 dari 15 peserta didik, belum mencapai nilai KKM; 2) Proses menggunakan strategi time token berbantuan media picture puzzle telah dilakukan peneliti dengan membagi 4 kelompok dalam 1 kelas dan membagikan potongan picture puzzle sebagai kupon berbicara dalam waktu kurang lebih 30 detik. Setiap peserta didik mempunyai 2 kupon untuk berbicara dan berkesempatan 2 kali menyusun puzzle. Apabila habis kupon tersebut maka harus bergantian dengan peserta didik lainnya; 3) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan strategi time token berbantuan media picture puzzle dengan nilai rata-rata 64,67 menunjukkan hasil belajar mencapai nilai KKM; 4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi time token berbantuan media picture puzzle terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji t dengan nilai sig 0,487 dan nilai probabilitas 0,05 yang artinya 0,487 ≥ 0,05.