EFEKTIFITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PLATFORM JUAL BELI ONLINE AYAM LUMION
Abstract
Penelitian ini membahas tentang efektivitas media sosial instagram sebagai platform jual beli online yang terdapat pada akun instagram ayam lumion. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui, a) media sosial Instagram sebagai platform penjualan Ayam Lumion b) strategi pemasaran pada akun Instagram Ayam Lumion? c) efektivitas penggunaan Instagram. Oleh karena itu peneliti menggunakan teori Teori Uses and Gratification untuk mengkajinya. Jenis penelitian ini ialah field research menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis dan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi dan observasi pada postingan yang ada di akun instagram Ayam Lumion. Seperti men screenshot beberapa postingan yang ada pada akun Instagran Ayam Lumion. Adapun data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui tahapan display, reduksi data dan sampai di penarikan kesimpulan. Langkah ini mengikuti dari Miles, Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa. a) media sosial Instagram sebagai platform penjualan Ayam Lumion terbilang efektif yang kini tidak hanya mempunyai toko online akantetapi juga mempunyai toko offline dan kini sudah mempunyai dua cabang yang ada di jalan tanjung raya dua dan jalan swignyo kota pontianak. b) strategi pemasaran pada akun Instagram Ayam Lumion ialah dengan memposting berbagai kegiatan memasak dan berbagai macam varian menu yang tersedia, seperti membuat konten testimoni secara rutin dan aktif dalam membalas pesan dari para konsumen maupun pelanggan yang memberikan penilaian terhadap pesanan ayam lumion yang mereka beli. c) efektivitas penggunaan Instagram berdasarkan Teori Uses and Gratification, di era sekarang ini banyak khalayak yang dimudahkan dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Seiring dengan lajunya perkembangan informasi membuat khalayak lancar mendapatkan berbagai jenis informasi yang tersebar.
References
Fauziah, R., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Postingan Instagram Media Sosial The Efectiveness Of The Promotion Of A Tourist Destination Pancar Mountain Recreation Through Social Media Posting ( Instagram )
R Fauziah , IA Ratnamulyani , AA Kusumadinata . (2018) . Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial . Jurnal. 4(April), 27–40.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Ramadan, A., & Fatchiya, A. (2021). Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk “ Rendang Uninam ” The Effectiveness of Instagram as a Promotional Media of Products “ Rendang Uninam .” 05(01), 64–82.
Said Romadlan. (2022). Nahdlatul Ulama dan Praktik Deradikalisasi di Media Online. Jurnal Komunikasi Islam, 12(2), 220–244. https://doi.org/10.15642/jki.2022.12.2.220-244
Siswanto, A. W., & Neneng Nurhasanah. (2022). Analisis Fenomena Childfree di Indonesia. Bandung Conference Series: Islamic Family Law, 2(2), 64–70. https://doi.org/10.29313/bcsifl.v2i2.2684
Tangkeallo, D. I., & Tangdialla, R. (2021). Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 74. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.15964
Yogantari, M. V., Agung, I. G., & Widiari, A. (2010). Efektifitas Instagram Sebagai Sarana Periklanan Baru di Era Digital. 29, 1–8.
Ramadani, Tommy Anugrah, Syahrinullah. (2021). Analisis Efektivitas Platform Instagram Dalam Strategi Promosi Senja Coffe And Kitchen Pasca Pandemi Covid 19 Di Jember. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, Vol 2, No 1.
Sangen, Marijati, F.R. Dalimunthe, Meiske Claudia. (2020). Pemgaruh Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kuliner “Gerobak Elba” Banjarmasin, Jurnal Wawasan Manajemen, Vol 9, No 3.
Ulfa, Maria. (2018). Efektivitas Instagram Dalam Mempromosikan Penjualan Kamar Batiqa Hotel PekanBaru, JOM Fisip, Vol 5, No 1.