Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dari ­ Q.S Al Hujurat: 11-13 Dalam Kajian Tafsir

Authors

  • Siti Aisah Pascasarjana IAIN Purwokerto
  • Mawi Khusni Albar Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.166

Keywords:

Social Education, Q.S al-Hujurat: 11-13

Abstract

This research aims to dig into the various values of social education contained in Q.S al-Hujurat verses 11-13. The method used in this research is a qualitative approach with descriptive method of analysis. As for interpretation of the verses using the method of tafsir bi al-ma’tsur. The results show that: in Q.S al-Hujurat verses 11-13 there are three values of soial education contained in them, namely first, tasamuh (encouragement and respect) found in Q.S al-Hujurat verses 11; second, khusnudzon (good advice thought) found in Q.S al-Hujurat verses 12; the three fraternities (organized be eah other) found in Q.S al-Hujurat verses 13.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menggali berbagai nilai-nilai pendidikan sosial yang terkandung dalam Q.S al-Hujurat ayat 11-13. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Adapun dalam penafsiran ayat-ayatnya menggunakan metode tafsir bi al-matsur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam Q.S al-Hujurat ayat 11-13 terdapat tiga nilai-nilai pendidikan sosial yang terkandung di dalamnya, yaitu pertama, tasamuh (anjuran saling menghormati dan menghargai) yang terdapat dalam Q.S al-Hujurat ayat 11; kedua, khusnudzon (anjuran berbaik sangka) yang terdapat dalam Q.S al-Hujurat ayat 12; ketiga persaudaraan (anjuran saling mengenal) yang terdapat dalam Q.S al-Hujurat ayat 13.

Kata Kunci: Pendidikan Sosial; Q.S al-Hujurat: 11-13

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-09

How to Cite

Aisah, S., & Khusni Albar, M. (2021). Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dari ­ Q.S Al Hujurat: 11-13 Dalam Kajian Tafsir. Arfannur: Journal of Islamic Education, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.166

Issue

Section

Articles