Strategi Active Learning Berbasis Kearifan Lokal “Beleter” pada Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.24260/arfannur.v3i2.452Keywords:
Learning Strategies, Local Wisdom, Beleter, Islamic Religious EducationAbstract
The influence of globalization that has occurred in the world in the last decade has resulted in the cultural heritage and traditional values ??of indigenous peoples facing challenges to their existence. Preservation efforts need to be made to take the substantive meaning of local wisdom, where the community must open awareness, honesty and a number of noble cultural values ??to be socialized and developed into a dignified life principle. One of the verbal-based local wisdom that still exists in the Malay community of Pontianak is Beleter. The local wisdom turned out to be full of meaning which was then not impossible to adopt in the framework of learning strategies. The beleter learning strategy is a strategy that emphasizes the active, thoroughly elaborative and religious learning process to seek and find their own answers to a problem faced both in the learning process in the classroom, as well as in the environment where they (students) are, so that it is expected to be able to foster creativity and self-confidence.
ABSTRAK
Pengaruh globalisasi yang terjadi pada dunia pada decade terakhir ini mengakibatkan warisan budaya dan nilai-nilai tradisional masyarakat adat menghadapi tantangan terhadap eksistensinya. Upaya pelestarian perlu dilakukan untuk mengambil makna substantif kearifan lokal, di mana masyarakat harus membuka kesadaran, kejujuran dan sejumlah nilai budaya luhur untuk sosialisasikan dan dikembangkan menjadi prinsip hidup yang bermartabat. Salah satu kearifan lokal berbasis verbal yang masih eksis di lingkungan masyarakat Melayu – Pontianak adalah Beleter. Kearifan lokal tersebut ternyata sarat akan makna yang kemudian tidak mustahil untuk di adopsi dalam kerangka strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran beleter adalah sebuah strategi yang menekankan pada proses belajar secara aktif, tuntas elaborative dan religius untuk mencari serta menemukan jawaban sendiri dari suatu permasalahan yang dihadapi baik di dalam proses pembelajaran di kelas, maupun di lingkungan dimana mereka (siswa) berada, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sifat kreatifitas dan percaya diri.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kearifan Lokal, Beleter, Pendidikan Agama Islam