Metode Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Keragaman Kelas IV UPT SD Negeri 047 Bumi Harapan

Penerapan Metode Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Keragaman Kelas IV UPT SD Negeri 047 Bumi Harapan

Authors

  • Sulkaeda Sulkaeda Guru Sekolah Dasar 047 Bumi Harapan

Keywords:

Modeling The Way, learning outcomes, Islamic Religious Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode Modeling The Way dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi keragaman di kelas IV UPT SD Negeri 047 Bumi Harapan. Metode Modeling The Way merupakan pendekatan pembelajaran berbasis keteladanan, di mana guru berperan aktif dalam menunjukkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan angket persepsi siswa terhadap metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Modeling The Way secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Peningkatan ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai siswa yang naik dari 70,5 pada pra-siklus menjadi 83,8 pada siklus kedua, serta peningkatan sikap toleransi dan penghargaan terhadap keragaman di kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Modeling The Way merupakan pendekatan yang efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, khususnya pada materi keragaman, dan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran untuk menginternalisasi nilai-nilai karakter pada siswa.

References

A.M. Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Abdurahman. 1999. Pendidikan bagi Anak berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ali, M. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa

Banks, J. A. 2015. Cultural Diversity and Education. Routledge.

Bawani, Imam. 1993. Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al Ikhlas.

Clouse, B. (1973). Psychological Theories of Child Development: Implications for the Christian Family. Journal of Psychology and Theology, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.1177/009164717300100217

DepDikBud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka Drajat, Zakiah, 1992. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara Hudoyo. 1990. Strategi Belajar Mengajar. Malang : IKIP Malang.

Elkind, D. (1997). The Death of Child Nature: Education in the Postmodern World. The Phi Delta Kappan, 79(3), 241–245. http://www.jstor.org/stable/20405998

Hani, U. (2019). Pendidikan Kejiwaan Dr.Abdullah Nashih ‘Ulwan: Konsep Dan Implementasinya. Jurnal Studia Insania, 6(2), 90. https://doi.org/10.18592/jsi.v6i2.2084

Kemdikbud, 2003. Agama Islam SDMI. http://litbang.kemdikbud.go.id/ content/01_%20AGAMA%20ISLAM%20SD-MI%281%29.pdf

Kemendikbudristek. 2020. Kebijakan Merdeka Belajar: Konsep dan Implementasi.

Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. 2018. The Leadership Challenge: How to Make Extraordinary Things Happen in Organizations. Jossey-Bass.

Lickona, T. 1991. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Marnianti, N., Oking, S., Priyatna, Hasan, B., & Tanjung. (2022). Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pembentukan Akhlak Siswa Kelas V SD Negeri Cijahe Curug Bogor. Pendidikan, 5(2).

Nurliana, N., & Ulya, M. (2021). Pendidikan Anak Perspektif Psikologi. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.313

Peter Mitchell. (1992). The Psychology of Childhood. Taylor & Francis.

Sardiman 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Selzer, S. C. (n.d.). Normal Psychological Development: Theories and Concepts.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sriyono, dkk. 1992.Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.

Sudjana, Nana. 1989. Penelitian dan penilaian dalam Pendidikan. Bandung: C.V. Sinar Baru

Sumarni. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Zuhaerini, 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya : Usaha Nasional.

Published

2025-06-04

How to Cite

Sulkaeda, S. (2025). Metode Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Keragaman Kelas IV UPT SD Negeri 047 Bumi Harapan: Penerapan Metode Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Keragaman Kelas IV UPT SD Negeri 047 Bumi Harapan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(1). Retrieved from https://ejournal.iainptk.ac.id/index.php/jpeg/article/view/3789

Issue

Section

Articles