UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV MIN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019 /2020

  • Jumrotin Nuha IAIN Pontianak
  • Hermansyah Hermansyah IAIN Pontianak
  • Nelly Mujahidah IAIN Pontianak
  • Yusriadi Yusriadi IAIN Pontianak
  • Nanik Shobikah IAIN Pontianak
Keywords: Menulis Karangan Narasi, Media Puzzle

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media Puzzle. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik analisis konten (Conten Analisys) dengan alat pengumpulan data kegiatan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Proses pembelajaran dengan menggunakan media puzzle dalam kegiatan pembelajaran menulis karangan narasi telah sesuai dengan langkah penelitian tindakan kelas. 2) Keterampilan siswa menulis narasi sebelum menggunakan media puzzle mengalami kesulitan dalam menulis kata pertama dalam mengarang, kekurangan lain juga didapatkan ketika menulis karangan peserta didik tidak menulis judul karangan, hal tersebut mengakibatkan peserta didik tidak mengembangkan isi karangan. 3) Keterampilan siswa menulis karangan narasi sesudah menggunakan media puzzle mengalami peningkatan. Dilihat dari hasil karangan narasi setiap peserta didik. Dimana sebelum penerapan media puzzle siswa kesulitan menulis karangan narasi. Setelah penggunaan media siswa lebih mudah memahami cara menulis karangan karena adanya bantuan media puzzle. 4) keterampilan menulis karangan narasi sebelum dan sesudah menggunakan media puzzle, menunjukkan bahwa penggunaan media dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa.Seperti kemajuan menuliskan judul dengan, tanda baca dan ejaan, serta organisasi isi karangan

Published
2021-02-11
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)