PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE UNTUK MENGANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAB SELF-EFFICACY
Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share untuk Menganalisis Kemampuan Penalaran Matematis dab Self-Efficacy
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3019الكلمات المفتاحية:
SSCS، Kemampuan Penalaran Matematis، Self-efficacyالملخص
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu alternatif solusi yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) terkait kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy peserta didik setelah pembelajaran menggunakan model SSCS. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Grup Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Baitus-Shoffa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII, dengan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan penerapan model pembelajaran SSCS, sedangkan kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis dan angket self-efficacy. Berdasarkan hasil analisis uji Mann Whitney, analisis angket, dan korelasi diperoleh simpulan, kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan model SSCS sama dengan peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning. Self-Efficacy peserta didik dengan menggunakan skala likert dikategorikan kuat.