PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI MTsN 01 PONTIANAK

Penulis

  • Ade Mutia IAIN Pontianak
  • Yumi Sarassanti IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1564

Kata Kunci:

Permainan ular tangga, Operasi bilangan bulat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar melalui permainan ular tangga pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui gambaran secara jelas fenomena selama proses pembelajaran berlangsung, dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII C MTsN 01 Pontianak 2022/2023. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 30 siswa. Teknik akumulasi data yang digunakan yaitu metode tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media permainan ular tangga berpengaruh secara signifikan karena ratarata hasil belajar siswa hanya mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: hasil belajar siswa sudah memenuhi KKM.

Referensi

Indriani, Ari, dkk (2020). Penerapan Permainan Ular Tangga pada Operasi Bilangan Bulat
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama. 7 (1). hal 57-62.
Fajriah, H., & Putra, M. J. A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUTA (MONOPOLI ULAR TANGGA) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. 4(1).
Indah Suciati. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan
Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21.
Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). PKM INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75.
Muinna, S., & Silalahi, T. M. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD ISLAM TERPADU PRIMA MANDIRI PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH TAHUN AJARAN 2018/2019. 1(2).
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap
Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209.
Dinata, H. A., Ansori, A. S. R., & Saputra, R. E. (n.d.). DESAIN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL. 8
Putri Zudhah Ferryka, M.Pd. PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR.
Baiquni, I. (2016). PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR METEMATIKA. 01. hal 193-203
Zaneta, V. (2022). Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli Dengan
Pendekatan RME Kelas III SD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177–186

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Mutia, A., & Sarassanti, Y. (2023). PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI MTsN 01 PONTIANAK. Bahasa Indonesia, 2(1), 64–71. https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1564

Terbitan

Bagian

Articles