PENGARUH MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA

Penulis

  • Artha Taruji Borneo Hutagaol IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v2i2.1707

Kata Kunci:

Mind Mapping, Memory

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan daya ingat siswa. Penelitian ini masuk dalam penelitian kualitatif yaitu  penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan adalah suatu penelitian menggunakan kajian teoritis yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam informasi yang ada di perpustakaan seperti buku, jurnal, berita dan lain - lain. Data-data tersebut dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, yaitu dengan jalan membaca (text reading), mengkaji, mempelajari, dan mencatat literatur yang ada kaitannya dengan pembelajaran. Penggunaan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar tentu dipilih guru sebagai salah satu alternatif.

 Menurut Drever (dalam Walgito, 2004) menjelaskan daya ingat adalah salah satu karakter yang dimiliki oleh makhluk hidup, pengalaman berguna apa yang kita lupakan yang mana memengaruhi perilaku dan pengalaman yang akan datang, yang mana ingatan itu bukan hanya meliputi mengingat (recall) dan mengenali (recognition) atau apa yang disebut dengan menimbulkan kembali ingatan. Menurut Tulving, daya ingat adalah cara-cara yang dengannya individu dapat mempertahankan dan menarik pengalaman dari masa lalu untuk digunakan saat ini (Sternberg, 2006). Jadi, dapat disimpulkan bahwa daya ingat adalah kemampuan individu untuk menyimpan, memproses dan memunculkan kembali pengalaman, data, informasi yang telah didapatkan pada masa lalu untuk masa yang akan datang dengan mempertimbangkan situasi dan kondisinya sendiri.

Peta Pikiran (Mind Mapping) merupakan suatu metode pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa dalam menentukan dan menyusun inti dari bacaan. Oleh karena itu, dengan penerapan model peta pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan daya ingat siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Hutagaol, A. T. B. (2023). PENGARUH MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA. Bahasa Indonesia, 2(2), 64–70. https://doi.org/10.24260/add.v2i2.1707

Terbitan

Bagian

Articles