PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DIPADU LESSON STUDY PADA MATERI KPK DAN FPB
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v2i2.2198Kata Kunci:
Discovery Learning, Lesson Study, Understanding Concepts, KPK dan FPBAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan model discovery learning melalui lesson study pada materi KPK dan FPB. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan one group pretest-postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 13 Pontianak dengan teknik purposive sampling sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai pretest dan posttest untuk pemahaman konsep pada materi KPK dan FPB dengan rata-rata 62,97 dan 84,69. Setelah diterapkan pembelajaran dengan model discovery learning melalui lesson study terhadap pemahaman konsep siswa pada materi KPK dan FPB mendapatkan nilai Sig. (2 tailed) = 0,000 dengan Sig. (2 tailed) < 0,05 (0,000 > 0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian melalui lesson study penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi KPK dan FPB dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Referensi
Asih, H. A., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Peluang. Kadikma, 9(3), 183–193.
Dariyatun, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Termokimia Tp. 2018/2019. Edu Research, 9(2), 54–61.
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43–72. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403
Irawati, T. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Gammath, 3(2), 1–7. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/view/1046/716
Kodirun, K., Busnawir, B., & Viktor, E. B. (2016). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lesson study dalam upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas X Mipa-3 Sma Negeri 5 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 93–104.
Mardiyanti, L. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Dipadu Lesson Study terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Biodik, 9(3), 71–77. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28514
Margaretha, S., Prihatiningtyas, N., & Husna, N. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(2), 61–68.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Metha Rozhana, K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355
Muntaqo, R., & Masruroh, D. (2016). Lesson Study dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kejiwan Wonosobo. BELAJEA?: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 125–144.
Naibaho, M. R. U., & Hoesein, E. R. (2021). Meta Analisis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 19–25. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2290
Nugraheni, E. A., & Sugiman. (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 101–108. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagorasRetrievedfromhttp://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/8498
Nurma’ardi, H. D., Oktaviani, A. M., & Rokmanah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Pelita Calistung, 3(2), 45–54. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/292/201
Nurwidodo, N., Hendayana, S., Hindun, I., & Sarimanah, E. (2018). Strategies for establishing networking with partner schools for implementing lesson study in Indonesia. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(1), 11–22. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i1.5489
Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2278
Rizki, S. (2014). Efek Lesson Study Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 3(1), 17–27. https://doi.org/10.24127/ajpm.v3i1.377
Sya’adah, A. N., & Samsudin, A. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas MAndiri, 8(2), 2241–2250.
Yogaswari, R. (2020). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Sebuah Studi Literatur). Prosiding Seminar Dan Diskusi …. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17761
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v4i1.732