PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CARD SORT AYAT TERHADAP MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MI NU JATIREJO PEMALANG

THE INFLUENCE OF USE OF VERSE SORT CARD MEDIA ON MOTIVATION TO READ THE QUR'AN IN LEARNING THE AL-QUR'AN HADIST AT MI NU JATIREJO PEMALANG

Penulis

  • Rizki Vina Apriana UIN KH. Abdurahman Wahid Pekalongan
  • Dian Rif'iyati Rif'iyati UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkipp.v3i1.1980

Kata Kunci:

Media card sort, Motivasi Membaca Al-Qur’an, Pembelajaran Al-Qur’an Hadist

Abstrak

Tujuan awal penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana MI NU Jatirejo Pemalang mempelajari Al-Qur'an Hadits dengan menggunakan media card sort ayat. Kedua, apa yang menginspirasi siswa MI NU Jatirejo Pemalang dalam membaca Al-Qur'an ketika mempelajari Al-Qur'an Hadits. Ketiga, bagaimana pengaruh media card sort ayat terhadap motivasi siswa membaca Al-Qur'an pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI NU Jatirejo Pemalang. Penelitian semacam ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi seluruh Siswa kelas II MI NU Jatirejo Pemalang berjumlah 30 orang. Jenis Penelitian ini adalah  field resrach atau disebut penelitian lapangan apabila peneliti terjun langsung ke lapangan yang akan diteliti. Penelitian ini menggunakan metodologi eksperimental. Metode pengumpulan data di penelitian ini yaitu observasi, tes awal dan tes akhir, wawancara. Teknik analisis data ini menggunakan uji paired sample t tes dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Setelah menggunakan media card sort ayat capaian motivasi membaca Al-Qur’an siswa kelas II di MI NU Jatirejo Pemalang menunjukkan peningkatan nilai gain (g) rata-rata sebesar 0,65 dengan kriteria peningkatan hasil belajar kategori sedang. kedua, terdapat pengaruh yang signifikasi terhadap motivasi membaca, terbukti dengan hasil pretest dan posttest diketahui bahwa data sampel berjumlah sebanyak 30 siswa. Nilai rata-rata Pretest dan Posttest siswa adalah sebesar 59,43 dan 86 yakni selisih 26,57 dan terjadi peningkatan sebesar 44,71%. Nilai maksimum siswa yang semula hanya 70 naik menjadi 97 setelah menerima pembelajaran dengan menggunakan media card sort. Ketiga, pada hasil uji normalitas pretest dan posttest diperoleh nilai statistik adalah 0,118 pada nilai pretest dengan harga signifikansi sebesar 0,200. Sedangkan untuk nilai posttest diperoleh nilai statistik 0,114 dengan harga signifikansi sebesar 0,200. Dapat disimpulkan bahwa uji Kolmogorov Smirnova > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Pada hasil uji t menunjukkan t hitung 52,198 dan dk=n-1 = 30-1=29, taraf kesalahan 5% diperoleh t tabel(0,05),(29)= 2,045. Maka t hitung 52,198 > t tabel 2,045, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media card sort ayat terhadap motivasi membaca pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MI NU Jatirejo Pemalang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-22

Terbitan

Bagian

Articles