MENULIS DIARY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LITERASI PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v3i1.2008Kata Kunci:
Menulis, Literasi, Diary, Bahasa IndonesiaAbstrak
Studi ini bertujuan untuk melihat pembelajaran menulis buku harian (diary) dan kegiatan literasi di kalangan mahasiswa, serta hasil yang dicapai dalam pembelajaran itu. Kajian ini penting karena literasi adalah bagian utama dari peradaban dan upaya membangun masa depan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi dokumentasi. Data diambil dari catatan mahasiswa yang telah menyelesaikan program menulis buku harian. Program menulis buku harian telah dilaksanakan di ruang kuliah di IAIN Pontianak sejak beberapa tahun lalu. Mereka yang mengambil subjek kuliah Bahasa Indonesia telah diwajibkan menulis buku harian sebagai bagian dari tugas harian. Peneliti telah mengambil tulisan yang berisi pengakuan mahasiswa tentang manfaat menulis buku harian bagi kehidupan. Kesimpulannya, semua mahasiswa mengaku mereka mendapatkan manfaat dari kegiatan menulis buku harian. Manfaat itu bukan saja soal bagaimana menulis, tetapi, berkaitan juga dengan kecakapan hidup. Membiasakan menulis membuat mereka memiliki bahan untuk evaluasi diri dan mengevaluasi cara berhadapan dengan orang lain. Mereka juga mengaku lebih ekspresif dalam hidup dibandingkan sebelumnya. Penelitian ini mengusulkan pendekatan menulis buku harian dapat menjadi model dalam pembelajaran di kalangan mahasiswa.