PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Juwanti Ayuni IAIN Pontianak
  • Wahab Wahab IAIN Pontianak
  • Vidya Setyaningrum IAIN PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkipp.v3i1.2727

Kata Kunci:

Flashcard, Hasil belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki pengaruh model Problem Based Learning  (PBL) dengan media flashcard terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dengan media flashcard memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, baik dari segi kognitif maupun psikomotorik. Nilai rata-rata pretest kognitif kelas eksperimen sebesar 57,4 meningkat menjadi 82,6 setelah model PBL diterapkan. Rata-rata nilai pretest psikomotorik adalah 60,08, yang meningkat menjadi 88,204 setelah model PBL diterapkan. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa perbedaan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol signifikan secara statistik (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa model PBL dengan media flashcard merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MIS Al-Mustaqim Sungai Raya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-22

Terbitan

Bagian

Articles