PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERSEORANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v3i1.2772Kata Kunci:
Small Group and Individual Teaching Skills, Learning Outcomes, Plant Body MaterialAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan di kelas IV SD Negeri 09 Pontianak Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Classroom Action Research (CAR) dengan dua siklus perbaikan empat tahap yang sama, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan materi tubuh tumbuhan kelas IV C dari siklus I hingga siklus II. Pada siklus I menunjukkan kategori baik dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 71 dan persentasenya sebesar 37.5%, sedangkan pada siklus II menunjukkan kategori sangat baik dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 81 dan persentasenya sebesar 84.4%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari siklus I hingga siklus II dengan persentase sebesar 46.87%.