PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERSEORANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Penulis

  • Nurshakina Aini IAIN Pontianak
  • Marsih Muhammad IAIN Pontianak
  • Roikhatul Janah IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkipp.v3i1.2772

Kata Kunci:

Small Group and Individual Teaching Skills, Learning Outcomes, Plant Body Material

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan di kelas IV SD Negeri 09 Pontianak Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Classroom Action Research (CAR) dengan dua siklus perbaikan empat tahap yang sama, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan materi tubuh tumbuhan kelas IV C dari siklus I hingga siklus II. Pada siklus I menunjukkan kategori baik dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 71 dan persentasenya sebesar 37.5%, sedangkan pada siklus II menunjukkan kategori sangat baik dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 81 dan persentasenya sebesar 84.4%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari siklus I hingga siklus II dengan persentase sebesar 46.87%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-22

Terbitan

Bagian

Articles