Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Touching Geometry Pada Materi Bangun Ruang Kelas II SDN 4 Ngembal Kulon

Penulis

  • Qoimatul Ulya Sa’idah IAIN Kudus
  • Nur Amrina Zulfa IAIN Kudus
  • Eva Luthfi Fakhru Ahsani IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkipp.v4i1.3896

Kata Kunci:

learning motivation; interactive multimedia; spatial building; classroom action research; Mathematics

Abstrak

Penelitian ini mengidentifikasi rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi bangun ruang di kelas II SDN 04 Ngembal Kulon. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif Touching Geometry. Metode yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari 86% pada siklus pertama menjadi 93,30% pada siklus kedua. Penggunaan media interaktif berhasil menciptakan suasana belajar yang menarik dan melibatkan siswa secara aktif. Dampak dari penelitian ini adalah peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang serta sikap positif terhadap pelajaran Matematika. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif efektif dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa.

Kata Kunci: motivasi belajar; multimedia interaktif; bangun ruang; penelitian tindakan kelas; Matematika, Sekolah Dasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-27

Terbitan

Bagian

Articles