Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Media Peta Konsep Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik di SDN 09 Pontianak Barat
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v4i1.3935Kata Kunci:
Facilitator and Explaining Model, Concept Map Media, Speaking Skills.Abstrak
Penelitian ini berjudul "Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Media Peta Konsep Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Barat". Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa saat tampil di depan kelas, sehingga perlu dilakukan peningkatan melalui latihan yang berkelanjutan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SFE dengan media peta konsep terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN 09 Pontianak Barat. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan kelas 4C sebagai kontrol dan 4D sebagai eksperimen, masing-masing berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes essay bercerita sebelum dan sesudah penerapan model SFE dengan media peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berbicara. Sebelum penerapan model, nilai rata-rata siswa adalah 67,4 (kategori cukup), sementara setelah penerapan nilai meningkat menjadi 85,4 (kategori tinggi). Terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model SFE sebesar 0,200, dengan nilai pengaruh keseluruhan sebesar 0,8 (kategori tinggi).