Model Kooperatif Tipe Pair Check Berbantuan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v4i1.4186Kata Kunci:
Kooperatif Tipe Pair Check, Media Tiga Dimensi, Hasil Belajar, Balok dan KubusAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang (balok dan kubus) peserta didik kelas VD di SDN 34 Pontianak Kota melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berbantuan media tiga dimensi. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VD pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 67% dengan nilai rata-rata 76, sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 90% dengan nilai rata-rata 85; (2) Terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 23% dan peningkatan nilai rata-rata sebesar 9 poin dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Pair Check berbantuan media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V pada materi bangun ruang (balok dan kubus).