Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di MIN 2 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v4i1.4199Kata Kunci:
Project Based Learning; Learning outcomesAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan rancangan “Nonequivalent control group design”. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 peserta didik kelas IVD sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 41 peserta didik kelas IVE sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar yaitu nilai rata-rata pre test 67,07 dan nilai rata-rata post test 70,49 pada kelas kontrol sedangkan pada kelas ekperimen diperoleh hasil belajar yaitu nilai rata-rata pre test 64,75 dan nilai rata-rata post test 81,00.Berdasarkan uji man whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS.