Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di MIN 2 Pontianak

Penulis

  • Halimatus Sa’diyah IAIN Pontianak
  • Asmiati M.Sc IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkipp.v4i1.4199

Kata Kunci:

Project Based Learning; Learning outcomes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS. Penelitian ini  menggunakan  metode  kuantitatif  dan  Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan rancangan “Nonequivalent control group design”. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak  40 peserta didik kelas IVD  sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 41 peserta didik kelas IVE sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar yaitu nilai rata-rata pre test 67,07 dan nilai rata-rata post test 70,49 pada kelas kontrol sedangkan pada kelas ekperimen diperoleh hasil belajar yaitu nilai rata-rata pre test 64,75 dan nilai rata-rata post test 81,00.Berdasarkan  uji man whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-27

Terbitan

Bagian

Articles