Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan (trust) dan Sharia Compliance terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i1.2671Kata Kunci:
Kata Kunci: Pengetahuan, Kepercayaan (trust), Sharia Compliance, Minat PenggunaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kepercayaan (trust), dan sharia compliance terhadap minat menggunakan produk bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian lapangan (field research) dan studi kasus (case study). Populasi pada penelitian ini adalah anggota Majelis Taklim Desa Mekarjaya dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi (). Proses pengujian tersebut dibantu dengan menggunakan IBM SPSS Statistic versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 48%. Variabel kepercayaan (trust) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 30%. Variabel sharia compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 2%. Variabel pengetahuan produk, kepercayaan (trust) dan sharia compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 79%. Penelitian ini menggunakan variabel independen pengetahuan, kepercayaan (trust) dan sharia compliance serta minat menjadi variabel depeneden dengan periode yang lebih update sehingga hasil peneli tiannya lebih akurat dengan kondisi sekarang ini.
Kata Kunci: Pengetahuan, Kepercayaan (trust), Sharia Compliance, Minat Penggunaan
Referensi
Doni, J. P. (2017). Perilaku Nasabah: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
E, K. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN, RELIGIUSITAS DAN LOKASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri).
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. . (1995). Consumer Behavior.
G.A, H., & A. N, H. (2021). PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DIBANK SYARIAH (Studi pada Masyarkat Desa Pagar Puding Kec. Tebo Ulu). Journal of Islamic Banking.
Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT DAN MINAT PENERAPAN NILAI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TABUNGAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.790
HERISKA, P. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, KEPERCAYAAN, DAN PELAYANAN SYARIAH TERHADAP PREFERENSI TABUNGAN BSI. Islamic Economics and Finance in Focus, 1(4), 345–359.
Hermawan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan?: Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode.
Holis, F., Rusydi, M., & Maulana, C. Z. (2021). Pengaruh Syariah Compliance dan Service Quality terhadap Minat Pengusaha Mikro menjadi Nasabah Bank Umum Syariah dengan Trust sebagai Variabel Intervening di Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 10(2), 333-340.
Janah, N. (2020). Pengaruh Tingkat Pengetahuan dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Khasanah, & Mustofa. (2022). Analisis Persepsi Nasabah, Kepercayaan dan Brand Image Terhadap Minat dan Keputusan Nasabah Menabung. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam
Mayndarto and Eko Cahyo, (2023) “Pencegahan Fraud Melalui Sharia Compliance Dan Islamic Corporate Governance Pada Bank Syariah Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.
Mowen, & Minor. (1998). Consumer Behavior (edisi ke 5).
Nainggolan D.B, (2021) Perbankan Syariah Di Indonesia. Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Nugroho, A. S and Haritanto, W, (2020) Metode Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Statistika: (Teori, Implementasi & Praktik Dengan SPSS). Penerbit: Andi.
NURLAILA, D. N. (2019). IMPLEMENTASI KEPATUHAN SYARIAH DALAM PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN BA’I BITSAMAN AJIL.
Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh tingkat literasi keuangan syariah dan kepercayaan masyarakat terhadap minat menabung di bank syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140-153.
Philip Kotler dan Kevin Line Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12.
R, H. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1
Sugiyono, (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN KOMBINASI (M. Dr. Ir. Sutopo, Ed.; Edisi 2). Alfabeta.
Sumarwan, U. (2011). PERILAKU KONSUMEN (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran) (R. Sikumbang, Ed.; edisi ke 2). Ghalia Indonesia.
Sutedi, & Adrian. (2009). Perbankan Syariah.
Wardiah, (2019). Pengantar Perbankan Syari’ah. Bandung: CV Pustaka Setia, hlm 98-99.
https://ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan syariah/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---Januari-2023.aspx