Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Masyarkat Muslim Kepada Bank Syariah Terhadap Minat Setelah Merger Bank Syariah Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i2.3357Kata Kunci:
Pengetahuan, Pemahaman, Bank Syariah , minat, Merger Bank Syariah IndonesiaAbstrak
Tujuan dalam Penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan masyarakat Muslim kepada Bank Syariah teterhadap minat setelah merger Bank Syariah Indonesia. (2) Pengaruh pemahaman masyarakat Muslim kepada Bank Syariah terhadap minat setelah merger Bank Syariah Indonesia. (3) Pengaruh pengetahuan dan pemahaman masyarakat Muslim kepada Bank Syariah secara simultan terhadap minat setelah merger Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu masyarakat muslim Kecamatan Pontianak Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner melalui Google Form kepada masyarakat Muslim Pontianak Timur. Pengambilan sampel adalah 100 responden. Kemudian data diolah menggunakan SPSS 21. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan masyarakat Muslim kepada Bank syariah berpengaruh positif terhadap minat menggunakan Bank Syariah setelah merger Bank Syariah Indonesia. (2) Pemahaman masyarakat Muslim kepada Bank Syariah berpengaruh positif terhadap minat menggunakan Bank Syariah setelah merger Bank Syariah Indonesia. (3) Pengetahuan dan Pemahaman masyarakat Muslim kepada Bank Syariah secara simultan berpengaruh positif minat menggunakan Bank Syariah setelah merger Bank Syariah Indonesia.
Referensi
Anand, D., & Kayati, K. (2020). Analisis Pemahaman Masyarakat Terhadap Minat Menggunakan Produk Bagi Hasil Bank Syariah Dengan Preferensi Resiko Individu Sebagai Variabel Permoderasi. E-Prosiding Akuntansi, 2(1).
Andrianto, A., & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah: Implementansi Teori dan Praktek. CV. Penerbit Qiara Media
Cahaya, L. A., & Nurlaila, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Tentang Riba Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Kalangan Mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(5), 2118-2126
Fachrurrazi, F., & Olivia, M. (2021). Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Mudharabah, dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas Pada PT Bank BNI Syariah. Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 168-181.
Fariani, E., Riyaldi, M. H., & Furda, Y. P. E. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia. Al-Ahkam: Jurnal Syariah dan Peradilan Islam, 1(2), 1-17.
Firmansyah, A. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Kualitas PelayananTerhadap Keputusan Menjadi Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 2(3), 16-22.
Harahap, P. I., & Sirait, A. S. (2022). Persepsi Masyarakat Muslim Pada Calon Independen. Jurnal El-Thawalib, 3(1), 132-144.
Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22-33.
Iranati, R. B. O. (2017). Pengaruh religiusitas, kepercayaan, pengetahuan, dan lokasi terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Tangerang Selatan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Karim, K. (2020). Aspek Kepuasan Nasabah Berdasarkan Kualitas Jasa Perbankan. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Kurniati Karim, S. E. (2020). Aspek Kepuasan Nasabah Berdasarkan Kualitas Jasa Perbankan. Jakad Media Publishing.
Mujiono, S. (2022). Analisis Dampak Merger 3 Bank Syariah BUMN Terhadap Minat Nasabah (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta).
Rahmi, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemahaman Produk Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Raymond, & Indrawan, M. G. (2020). Pengaruh Norma Subjektif Dan Return Ekspektasian Terhadap Minat Investasi Saham Pada Calon Investor Pada Program Yuk Nabung Saham di Kota Batam. Jurnal Akrab Juara. 5(3), 156-166.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 27. Bandung : CV Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2022). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru
Wiyono, W. M. (2021). Dampak Merger 3 (Tiga) Bank Syariah BUMN Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah. Cakrawala Hukum: Majalah Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Wijayakusuma, 23(1), 65-73.